23 Juli 2014
Perkemahan Bakti Satuan Karya Tarunabumi (Pertika Bumi) Nasional V Di Balai Benih Induk Hortikultura Lubuk Minturun, Padang – Sumatera Barat
Home
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
  • default color
  • green color
  • blue color

Perkemahan Bakti Satuan Karya Tarunabumi (Pertika Bumi) Nasional V Di Balai Benih Induk Hortikultura Lubuk Minturun, Padang – Sumatera Barat

 

Kegiatan Perkemahan Bakti Satuan Karya Pramuka Tarunabumi (Pertika Bumi) merupakan kemah besar pramuka penegak dan pendega untuk membaktikan diri dan melatih ketrampilan yang telah dimiliki selama mengikuti Satuan Karya Pramuka (Saka). Pertika Bumi Nasional yang dilaksanakan tiga tahun sekali ini dibuka pada tanggal 25 Juni 2013 oleh Menteri Pertanian RI Dr. Ir. H. Suswono, MMA yang dihadiri oleh tamu undangan dan Delegasi dari 31 Provinsi di Indonesia dengan jumlah peserta ± 1400 orang. Pertika Bumi dilaksanakan di Kampus SMK-PP dan Balai Benih Induk Hortikultura Lubuk Minturun, Padang – Sumatera Barat. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 24 – 30 Juni 2013

Kegiatan ini bertujuan memberikan wawasan dan pengalaman anggota Satuan Karya Pramuka Tarunabumi dalam ketrampilan serta pengembangan dunia pertanian serta memperkuat tali silaturahim antar anggota Satuan Karya Pramuka Taruna Bumi.

Kegiatan yang dilaksanakan terdiri dari Kegiatan keagamaan, Buka Adat Bhineka Tunggal Ika, Tutup Adat Bhineka Tunggal Ika, Upacara Pembukaan, Upacara Penutupan, Apel Sore, Kegiatan Olahraga, Kegiatan Anjangsana/Persaudaraan, Malam BTI Api Unggun, Bumbung Pramuka Peduli, Kegiatan Bakti Fisik, Kegitan Bakti Non Fisik, Kegiatan Wawasan dan Ketrampilan, Seni Budaya, Kegiatan Prestasi, Kegiatan Wisata, dan Kegiatan Khusus.

Mahasiswa STPP Medan yang ikut sebagai peserta berjumlah enam orang. Peserta (mahasiswa STPP Medan) mengikuti rangkaian kegiatan antara lain Menanam Hijauan Pakan Ternak, Pembuatan Kolam Terpal Sederhana, Teknik Pemijahan Lele, Penanaman Benih Hortikultura Bersertifikat, Korve, Wisata, Malam Bhineka Tunggal Ika Api Unggun, Tutup Adat Bhineka Tunggal Ika, dan Upacara Penutupan.

Kegiatan Pertika Bumi memberikan manfaat bagi Peserta (Mahasiswa STPP Medan) dimana mahasiswa mendapatkan peningkatan wawasan dan pengetahuan tentang kesakaan Tarunabumi dimana hal tersebut dapat mendukung kegiatan penyuluh di lapangan. Mahasiswa STPP Medan juga menjalin kerjasama dan menggalang persaudaraan antara STPP dan SMK-PP se-Indonesia, meningkatkan SDM Pramuka khususnya yang berhubungan Saka Tarunabumi serta memberikan tambahan wawasan, pengalaman, ketrampilan serta pengembangan di dunia pertanian.

Upacara Penutupan dilaksanakan pada tanggal 29 Juni 2013 yang di awali dengan Upacara Tutup Adat Bhineka Tunggal Ika oleh Peserta dari SMK-PP seluruh Indonesia, yang dilanjutkan dengan Upacara Penutupan oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat.

 

Add comment


Security code
Refresh